Kamis, 02 Mei 2013

Asal Usul Penciptaan Makhluk Hidup


dan, jika Malaikat diciptakan dari Cahaya (Nur) , Manusia diciptakan dari Tanah, dan Jin diciptakan dari Api..timbul pertanyaan.................

Dari Apa Hewan dan Tumbuhan Diciptakan ?




Allah swt telah menciptakan hewan dan juga tumbuhan dari air, hal itu didasari oleh firman Allah swt :
Artinya : “Dan dari air Kami jadikan setiap sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30)

Asy Syinqithiy didalam kitab “Adhwa al Bayan” mengatakan bahwa secafra lahiriyah kata “ja’ala” di sini berarti diciptakan karena ia termasuk mutaaddiyah untuk obyek yang satu. Hal itu dibuktikan dengan firman-Nya didalam surat an Nuur :

Artinya : “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air.” (QS. An Nuur : 45)

DR. Wahbah az Zuhaeiliy didalam kitabnya “at Tafsir al Munir fii al Aqidah wa asy Syari’ah wa al Manhaj” mengatakan bahwa firman Allah :

 Artinya : “Dan dari air Kami jadikan setiap sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30)

Maksudnya : Kami telah menciptakan setiap hewan dari air, artinya didalamnya (hewan itu) ada kehidupan, seperti halnya firman Allah :

Artinya : “Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air.” (QS. An Nuur : 45)

Maksudnya : Setiap hewan berasal dari nuthfah (air mani) dan dia adalah air dan tumbuh-tumbuhan tidaklah dapat tumbuh kecuali dengan air, dan ini sesuai dengan pendapat sebagian ulama yang mengatakan bahwa setiap hewan diciptakan peratama kali di laut kemudian berpindah kepada beberapa jenis hewan di daratan lalu mereka dibentuk sesuai dengan tabiat daratan bersamaan dengan perjalanan waktu. Dan sebagaimana diketahui bahwa hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan sesungguhnya diciptakan dari air. (markaz al Fatwa no. 18274)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar